Kamis, 22 November 2018

Embung Geomembrane hdpe Solusi Masalah Air

Daftar Harga geomebrane hdpe Kita patut bersyukur karena Indonesia memiliki sumber mata air yang melimpah, sayang nya dengan pemebrian itu kita belum mampu mengelola dengan baik. Sehingga pada musim musim kemarau banyak daerah daerah mengalami kekeringan.


Daftar Harga Geomembrane
Daftar Harga Geomembrane

Salah satu solusi untuk dapat mengelola sumber mata air adalah dengan pembangunan embung dalam rangka mengatasi persoalan pengelollan air khsusunya untuk irigasi yang berguna bai para petani.

Pemanfaatn embung tidak hanya untuk masalah irigasi tetapi dapat juga sebagai salah satu solusi untuk penyediaan air baku bagi masyarakat. Geomembrane HDPE merupakan salah satu material yang di pakai dialam pembangunan embung.

Embung geomembran HDPE merupakan insfrastruktur yang terbilang cukup sederhana yang memanfaatkan proses pemanenan air hujan. Dibuat menggunakan lapisan geomembran, embung  didesain untuk memanen air hujan dengan menggunakan tampungan air di area terbuka.

Dengan kehadiran embung geomembrane hdpe ini dimana pola kerjanya adalah dengan menggunakan prinsip irigasi gravitasi. Kelbihan lain dengan kehadiran embung geomembrane ini adalah prosesnya juga tanpa memerlukan pompa listrik maupun pompa BBM. 

Karena embung ini mengandalkan curah hujan suatu temapt maka proses pemebuatanya harus berdasarkan data curah hujan yang terjadi dimana embung tersebut akan dibangun. Kedalaman embung geomembran Untuk daerah dengan curah hujan per tahun 3.000 mm/th biasanya dapat dibuat hingga kedalaman 3 meter. 

Pemilihan bahan Geomembran sendiri menjadi sangat penting, yakni dengan spesifikasi High Density Polyethelene (HDPE), anti UV, anti salinitas dan Feed Grade, sehingga tahan dari keretakan dan bisa didiami oleh ikan untuk mengurasi resiko perkembangbiakan jentik.

Selain itu mudahnya mencari material tersebut karena sudah banyak pabrik yang memproduksinya dan yang jual geomembrane hdpe pun mudah ditemui. Proses pemabngunan geomembrane HDPE pun tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Prose pembangunan embung geomembrane hdpe seacra garis besara adalah setelah fisik embung terbentuk, dilanjutkan dengan pekerjaan pembuatan jaringan drainase dasar embung hingga penanaman pipa primer output irigasi embung. 

Pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan lapisan lembaran geomembran hingga menjadi bentuk dimensi utuh embung dengan cara dilas. Pekerjaan terakhir adalah pembangunan trotoar sekaligus sebagai pengunci lapisan geomembran.

Pembangunan Embung memakan waktu kurang lebih 3 bulan, menggunakan lapisan Geomembran hdpe dan diperkirakan mampu bertahan hingga 30 tahun. Kami percaya metode menabung air di musim hujan dan menggunakan air tersebut untuk irigasi di musim kemarau akan memberikan manfaat yang nyata bagi perkebunan buah, perikanan, peternakan, air baku PDAM,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar